Menurut beberapa
ahli, penelitian tindakan kelas didefinisikan sebagai berikut:
1. SISWOJO HARJODIPURO
Memaknai penelitian tindakan
kelas sebagai pendorong seorang guru untuk lebih memerhatikan praktik
mengajarnya agar menjadi lebih kritis dan bersedia memperbaikinya atau
melakukan perubahan demi kualitas pendidikan yang lebih baik
2. JOHN ELLIOT (1982)
Mendefinisikan penelitian
tindakan kelas adalah sebuah kajian mengenai suatu permasalahan sosial yang
dilakukan untuk meningkatkan unsur tindakan di dalamnya yang dimana semua
prosesnya berpengaruh dan diperlukan sebagai bahan evaluasi untuk berkembang ke
arah profesional
3. KEMMIS DAN TAGGART (1988)
Keduanya berpendapat bahwa
penelitian tindakan kelas adalah bentuk refleksi diri secara kolektif terhadap
sebuah situasi sosial guna meningkatkan penalaran dan keadilan dalam situasi di
tempat dilakukannya penelitian tindakan tersebut
4. CARR DAN KEMMIS DALAM SISWOJO HARJODIPURO (1997)
Mengembangkan dari pendapat
Kemmis dan Taggart (1998) yaitu yang melakukan refleksi diri adalah partisipan
yang terdiri dari guru, murid, maupun kepala sekolah. Situasi sosial yang dimaksud
adalah dalam bidang pendidikan guna memperbaiki rasionalitas serta kebenaran
terkait praktik pendidikan yang dilakukan sendiri, pengertian mengenai praktik
tersebut, hingga situasi tempat dilaksanakannya praktik.
Komentar
Posting Komentar